Prolapsus rektum pada ternak babi  

Mau tau tentang prolapsus rektum pada ternak babi? Berikut ini akan babinesia jelaskan dengan lengkap yah sahabat babinesia. Simak penjelasannya berikut ini.

Prolapsus rektum adalah kejadian dimana rektum ternak babi keluar atau menjorong dari dalam tubuh keluar. Walaupun bisa ditangani namun bila lambat dalam penanganannya dapat menyebabkan kematian.

Beberapa factor yang menyebabkan prolapses ialah kurang serat dan air, mikotoksin pakan, babi batuk, diarea, terhimpir, makan terlalu banyak, dan lain – lain. Ukuran prolapsus rektum bervariasi mulai dari 10 – 80 mm yang dapat dijumpai pada babi umur 8 – 20 minggu namun paling banyak ditemukan pada ternak babi finisher.

Tanda klinis

Adapun tanda klinis yang sering ditemukan pada ternak babi prolapsus rektum ialah mukosa rektum kemerahan menonjol keluar dari sfingter anus dan kemudian dapat kembali dengan sendirinya. Lalu kemudian berada di luar kembali dan berubah menjadi bengkak dan berisi cairan. Secara jelas, berikut ini rinciannya:

Babi sapih dan grower
  • Ukuran prolaps dari 10 hingga 80 mm, bila masih kecil akan kembali ke rektum spontan
  • Keluar menjadi bengkak dan berisi cairan
  • Terjadi kemerahan dan perdarahan
  • Perut bisa pecah pada babi 2 – 4 minggu setelah prolaps (penyempitan rektal)
  • Babi pucat akibat perdarahan
  • Sembelit
  • Terkadang kematian
Anak babi (piglet)
  • Jarang ditemukan
Induk babi
  • Mukosa rektum berwarna merah menonjol dari sfingter ani.
  • Biasanya kembali dengan sendirinya atau tetap berada di luar lalu menjadi bengkak dan berisi cairan.
  • Babi pucat akibat perdarahan.
  • Darah di feses.

Faktor penyebab prolapsus rektum pada ternak babi tidak terlalu dipahami dengan baik namun dapat diduga oleh beberapa factor. Prolaps terjadi pada induk babi kemungkinan disebabkan oleh tingginya kadar hormon seks, utamanya saat penetrasi rektum pada saat kawin yang dapat menyebabkan prolaps 24-48 jam.

Kandang induk pada saat indukan babi beristirahat dengan punggung sedangkan  ekor di atas maka tekanan ditempatkan pada anus. Hal ini menyebabkan relaksasi parsial dari sfingter, sirkulasi yang buruk dan pembengkakan. Selain itu, adanya tekanan pada perut memaksa rektum ke luar lalu terjadi pembengkakan lapisan mukosa dan mengejan.

Kejadian penyakit pada babi

Kejadian diare pada ternak babi dengan kondisi diare secara berlebihan, adanya penyakit pernapasan sehingga babi batuk berlebihan meningkatkan tekanan perut. Kolitis, akibat saluran usus besar abnormal dengan produksi gas yang berlebihan meningkatkan tekanan perut. Pada cuaca dingin menyebabkan ternak babi bergerombol sehingga meningkatkan tekanan perut.

Dalam kondisi lainnya, kandang ternak babi yang bersifat basah dan lantainya lebih licin, akan meningkatkan tekanan perut. Hal ini diperparah dengan kepadatan ternak babi yang sempit sehingga ternak babi tidak dapat berbaring miring di kandang, kemudian menyebabkan kejadian prolapsus rektum dapat meningkat.

Nutrisi babi

Pemberian makan ad-libitium pada ternak babi dapat menyebabkan isi perut menjadi berat dan terjadi gangguan pencernaan, fermentasi pada usus besar menjadi abnormal sehingga komponen pakan yang tidak tercerna datang dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini semakin diperparah dengan penyediaan sumber air yang terbatas akibatnya babi menjadi sembelit.

Perhatikan jenis pakan yang diberikan, sumber mikotoksin dalam pakan dapat mempengaruhi prolapsus pada ternak babi seperti jagung, kedelai, dedak, dan lain – lain. Beberapa menyebutkan penggunaan tylosin memppengaruhi prolapsus namun tidak menunjukkan bukti yang kuat dan mendetail.

Pencegahan

Walaupun tingkat kejadiannya cukup langkah namun diperlukan langkah pencegahan untuk mengantisipasi babi anda mengalami hal tersebut. Identifikasi ternak babi dilakukan utamanya pada umur, pakan yang diberikan, kepadatan populasi babi dalam satu kandang, kebersihan dan kandang yang tidak licin dan basah.

Bila telah menemukan ternak babi yang mengalami prolapsus rektum dapat dilakukan tindakan surgery (purse string suture) dengan pemberian antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder akibat bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh. Kontak dokter hewan terdekat di Kabupaten/Kota anda untuk melakukan pekerjaan ini.

Itulah ulasan singkat babinesia tentang prolapses rektum pada ternak babi. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sahabat babinesia.

DAFTAR PUSTAKA

Pigsite. 2021. Prolapse of the Rectum. Diakses dari: https://www.thepigsite.com/disease-guide/prolapse-rectum

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *