Obat dewa untuk babi jadi rakus makan

Mau tau obat dewa untuk babi jadi rakus makan? Pada pembahasan kali ini babinesia akan membahas special untuk kamu sahabat babinesia. Simak penjelasan berikut ini.

Obat merupakan zat kimia yang diberikan pada organisme sehingga menghasilkan senyawa biologis tertentu. Adapun fungsi obat digunakan untuk mengobati, menyembuhkan, mencegah dan mendiagnosis suatu penyakit tertentu sehingga perlu kami klarifikasi bahwa obat tidak pernah dapat meningkatkan nafsu makan ternak babi.

Alhasil iming – iming obat agar babi cepat gemuk dan besar hanyalah teknis sales obat agar obatnya cepat laku dan laris manis di tengah peternak babi yang kebingungan karena ternak babi mereka tidak pernah gemuk  atau cepat besar. Lalu mengapa pada saat diberikan obat dapat meningkatkan nafsu makan ternak babi? Pada kesempatan ini, akan kami jelaskan dengan lebih detail yah sahabat babinesia.

Obat untuk cacingan babi

Pertama, alasan babi tidak nafsu makan dan tidak cepat gemuk karena kasus cacingan pada ternak babi. Ada beragam jenis cacing pada ternak babi seperti Ascaris, Tricinella, Trichuris, Strongloides dan lain – lain yang sebaiknya dibahas pada artikel lainnya agar lebih jelas dan mendetail.

Nah, bila ternak babi cacingan maka nutrisi yang ada pada pakan yang dimakan babi akan beralih ke cacing yang berada dalam tubuh ternak babi. Akhirnya pertumbuhan ternak babi menjadi mandek dan tidak cepat gemuk. Lalu solusinya bagaimana? Kamu sebaiknya rutin memberikan obat cacing pada ternak babi anda setiap 3 – 4 bulan sekali.

Vitamin B kompleks

Sama halnya kita manusia yang bila jarang makan sayuran dan buah maka gairah untuk makan hanya sedikit dan lemas rasanya. Hal ini juga berlaku untuk ternak babi loh! Walaupun proporsinya sedikit namun ternak babi membutuhkan vitamin B kompleks yang mencakup (Thiamin, Riboflavin, Niacin, Cholin, Pantotenat, Piridoksin, Biotin, dan Kobalamin).

Biasanya pabrikan obat hewan telah mengemas vitamin tersebut dalam satu kemasan botol obat hewan sehingga kamu hanya perlu membelinya lalu menyuntikkannya pada ternak babi kamu. Eitss,… walaupun vitamin tidak masuk dalam golongan obat keras tapi tetap perhatikan jumlah pemberian dosis ya, karena bisa jadi mempengaruhi kesehatan ternak babi.

Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter hewan langganan kamu, tapi bila belum punya jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan babinesia yah.

Vitamin ADE dan K

Vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin ADE dan K adalah vitamin yang sangat penting diberikan pada ternak tak terkecuali pada ternak babi. Mengapa demikian? Karena vitamin ini  membantu perkembangan ternak babi utamanya vitamin A dalam perkembangan mata, vitamin D untuk perkembangan kulit dan jaringan dibantu dengan vitamin E yang lebih bersifat antioksidan dan vitamin K yang sangat berguna dalam pembekuan darah.

Tidak jarang kamu akan menemukan beberapa penyakit metabolic, mata hingga kaki babi yang agak aneh karena kekurangan vitamin ADE dan K. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi pertumbuhan ternak babi dan nafsu makan ternak babi kamu.

Pakan dan manajemen kandang

Terakhir dan yang paling penting ialah pemberian nutrisi dan bagaimana menajamen kandang babi kamu. Peternak babi di Indonesia masih saja berkelit dan nakal  untuk memberikan pakan dengan nutrisi seadanya lalu berharap ternak babinya bisa cepat gemuk dan besar. Ibaratnya seorang anak yang hanya diberikan nasi tidak akan cepat gemuk dan besar.

Mereka butuh nutrisi yang lebih lengkap seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan suplemen sama juga pada ternak babi. Jadi bila saat ini kamu melakukan formulasi dengan bahan pakan local, penting untuk mengetahui nilai nutrisinya. Bila bingung dengan hal tersebut, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan babinesia yah.

Selain pakan, manajemen kandang yang bersih dan nyaman sangat penting untuk ternak babi. Kamu bisa membayangkan bagaimana hidup di kos – kosan yang sempit dan pengap. Hal ini ternyata juga dialami oleh ternak babi, belum lagi ventilasi kandang yang hampir tidak ada, sehingga energy banyak terbuang karena babi menjadi kepanasan.  

Itulah ulasan singkat babinesia tentang obat dewa babi jadi rakus makan. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sahabat babinesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *