Manfaat pemberian vitamin pada babi

Mau tau manfaat pemberian vitamin pada babi? Berikut ini babinesia akan bagikan informasinya untuk kamu. Simak penjelasan berikut ini yah.

Vitamin merupakan salah satu komponen spesifik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kurangnya kadar vitamin dalam tubuh tidak jarang dapat menyebabkan penyakit. Hal ini juga terjadi pada ternak babi. Pada ternak babi, vitamin yang sangat penting ialah vitamin A, D dan E yang larut dalam lemak dengan penambahan vitamin B (tiamin, riboflavin, biotin, dan vitamin B12).

Berikut ini adalah jenis vitamin yang sering diberikan pada ternak babi dan manfaatnya untuk perkembangan ternak babi.

Vitamin A

Vitamin A pada umumnya memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur fungsi penglihatan dan system imun tubuh. Terjadinya defisiensi vitamin A pada ternak babi dapat menyebabkan micropthalamia di mana kedua mata tidak berkembang dengan baik sejak bawaan lahir sehingga mata terlihat lebih kecil.

Vitamin E

Vitamin E merupakan sumber vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan kulit, antioksidan, hingga melindungi sel darah merah. Kekurangan selenium pada ternak babi dapat menyebabkan penyakit mulberry heart disease, hepatosis dietetica, muscular dystrophy, dietetic microangiopathy dan yellow fat disease.

Vitamin D

Vitamin D memiliki peranan penting dalam kesehatan tulang pada ternak babi karena meregulasi penyerapan kalsium dan fosfor. Walaupun fungsi vitamin D bisa diperoleh secara langsung dari sinar matahari, tetapi pada ternak babi karena dikandangkan sehingga sulit mendapatkan sinar matahari, apalagi dengan ventilasi yang tertutup.

Kekurangan vitamin D pada ternak babi dapat menyebabkan kelumpuhan, osteomalacia, riketsia, osteoporosis, osteodystrophy fibrosa dan penyakit tulang lainnya.

Tiamin

Tiamin atau vitamin B1 adalah vitamin yang berfungsi merombak asupan karbohidrat menjadi energy kemudian akan dialirkan melalui pembuluh darah hingga diantarkan ke seluruh tubuh utamanya pada saraf, jantung, hingga otot untuk berfungsi dengan baik.

Riboflavin

Riboflavin atau vitamin B2 adalah vitamin yang berfungsi dalam proses seluler utamanya karena mengandung koezim untuk memecah energy seperti karbohidrat, protein dan lemak dan berperan pada vitamin lainnya. Defisiensi riboflavin pada babi dapat menyebabkan oedema subkutaneus pada kulit anak babi, mengganggu metabolisme nutrisi dan fungsi vitamin B kompleks.

Biotin

Biotin adalah salah satu jenis vitamin B lebih tepat vitamin B7 yang berperan dalam pertumbuhan dan juga menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, ginjal, hingga system saraf pusat. Terjadinya defisiensi biotin pada babi menyebabkan hemoragi pada kuku yang disebabkan trauma, lesi pada dinding dan konora, serta hiperkeratisasi pada kulit dan kuku.

Kobalamin

Kobalamin atau vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang berfungsi dalam metabolisme sel tubuh, regulasi DNA, sistensis asam lemak dan produksi energi.

Itulah, penjelasan singkat babinesia tentang manfaat pemberian vitamin pada babi. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sahabat babinesia.

DAFTAR PUSTAKA

Smith WJ, Taylor DJ, Penny RHC. 1990. A colour atlas of disease & disorders of the pig. London: Wolfe Publishing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *