Kenali virus flu babi G4

Mau tau informasi tentang virus flu babi G4? Berikut babinesia bagikan informasinya untuk kamu. Simak ulasan berikut ini!

Setelah serangan virus African Swine Fever pada ternak babi. Pandemi covid -19 yang belum menemui penyelesaian, penyakit baru yang bersumber dari ternak babi berpotensi menjadi pandemi terbaru. Swine influenza (H1N1) yang menyerang ternak babi mengalami mutasi genetik pada dna G4 sehinngga dapat menjadi pandemi baru. 

Berikut ini adalah penjelasan tentang virus flu babi G4.

Laporan Berita BBC

Michelle Roberts seorang editor media BBC melaporkan bahwa virus flu dari babi berpotensi menular ke manusia di Cina. Virus A/H1n1pdm09 perlu untuk pembuatan vaksin sebagai proteksi. Virus ini diidentifikasi memiliki kesamaan dengan flu babi di Cina tahun 2009 namun memiliki sedikit perubahan karena  telah bermutasi.

Prof Kin-Chow Chang dan beberapa kampus sedang melakukan penelitian tentang virus ini dan masih tetap menjaga kerahasiaannya. Virus G4 EA H1N1 menurut peneliti dapat bertumbuh dan bermultiplikasi di dalam sel dan jaringan tubuh. Mereka menemukan data pada pekerja di rumah potong hewan dan industri babi di Cina dari tahun 2011 – 2018. 

Tanggapan Para Pakar

Hal ini membuat banyak pakar di dunia sedang melakukan penelitian sebagai langkah proteksi ini penyakit yang diduga berbahaya ini.

  • Prof Kin-Chow Chang yang bekerja di Nottingham University mengatakan bahwa mereka sedang mengekstrak virusnya bersama dengan coronavirus. Namun mereka tetap menjaga agar tidak terjadi potensi bahaya virus baru yang tidak terlihat.
  • Prof. James Wood, Kepala Department of Veterinary Medicine di University of Cambridge mengatakan bahwa untuk menjaga sumber penularan penyakit, mereka menjaga resiko penularan dari jenis patogen baru, dari hewan ternak, kontak langsung dengan satwa liar, yang memiliki kemungkinan sebagai pandemi virus.
  • A World Health Organization mengatakan bahwa “G4” Eurasian (EA) Avian dan Swine Influenza Virus diketahui bersirkulasi di populasi ternak babi di Asia dan dapat menularkan ke manusia melalui spora. Dua tahun yang lalu komposisi vaksin Influenza telah dirapatkan untuk mengetahui semua informasi virus dan kandidat vaksin virus. Kami sangat  hati – hati membaca paper untuk mengerti jenis virus baru. Kami juga tidak bisa melepaskan pemantauan Influenza dan tetap menjaga secara berlanjut surveillance selama pandemi COVID-19.

Persiapan CDC Menghadapi Flu Babi G4

Publikasi dari jurnal Proceedings of the National Academy of Science (PNAS)external icon mendiskripsikan bahwa grup H1N1 Swine Influenza Virus memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap infeksi manusia dan berpotenis terhadap timbulnya pandemi. Menurut laporan, virus dapat menginfeksi manusia dengan kemampuan pertumbuhan di sel paru yang menyebar melalui droplet saluran pernapasan dan kontak langsung dengan hewan model. Tiga orang terinfeksi virus G4, 10% dilaporkan dari sampel darah pekerja babi di China.

Belum ada laporan penularan dari manusia ke manusia, walaupun begitu semua virus berpotensi menjadi pandemi. Langkah CDC untuk mempersiapkan kesehatan masyarakat meliputi:

  • Koordinasi kesehatan masyarakat berpatner dengan Cina, termasuk koleksi sampel virus
  • Assesment resiko virus dapat menyebabkan pandemi menggunakan CDC’s Influenza Risk Assessment Tool (IRAT)
  • Evaluaasi kandidat vaksin virus melawan virus flu seperti “G5” sebagai proteksi virus
  • Memerlukan kandidat vaksin virus baru spesifik virus G4 dan
  • Mempelajari obat antiviral sebagai proteksi untuk melawan virus.

Virus G4 dideteksi oleh CDC dengan Real-time RT-PCR Influenza A (H1/H3/H1 pdm09) panel subtipe, yang merupakan indikasi H1N1 varian virus infeksi. CDC memiliki guidance for clinicians on variant virus infections dan laboratorium kesehatan masyarakat untuk aturan protokolexternal icon jika meneruskan laporan varian virus.

Itulah ulasan singkat babinesia tentang virus flu babi G4. Selamat membaca dan semoga bermanfaat yah sahabat babinesia.

DAFTAR PUSTAKA

Roberts M. 2020. Flu Virrus with Pandemi Potential Found in China. Diakses dari: https://www.bbc.com/news/health-53218704
CDC. 2020. CDC Takes Action to Prepare Against “G4” Swine Flu Viruses in China with Pandemic Potential. Diakses dari: https://www.cdc.gov/flu/spotlights/2019-2020/cdc-prepare-swine-flu.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *