Inilah 4 alasan kenapa kamu harus mengkonsumsi daging babi

Daging babi merupakan salah satu sumber bahan pangan protein hewani yang memiliki banyak kandungan gizi yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Kelebihan daging babi dengan daging lainnya ialah kandungan lemaknya yang relatif lebih banyak sehingga menghasilkan rasa gurih dan juicy.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ternyata daging babi memiliki beragam manfaat lainnya loh! Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus mengkonsumsi daging babi.

Kandungan Nutrisi Daging Babi

Dalam 100 gram daging babi tersimpan kandungan nutrisi sebagai berikut:

Kalori (kcal) 242
Jumlah Lemak 14 g
Lemak jenuh 5 g
Lemak tak jenuh ganda 1,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 6 g
Kolesterol 80 mg
Natrium 62 mg
Kalium 423 mg
Jumlah Karbohidrat 0 g
Serat pangan 0 g
Gula 0 g
Protein 27 g
Vitamin A 7 IU Vitamin C 0,6 mg
Kalsium 19 mg Zat besi 0,9 mg
Vitamin D 53 IU Vitamin B6 0,5 mg
Vitamin B12 0,7 µg Magnesium 28 mg

Menambah Massa Otot

Telah menjadi rahasia umum jika mengkonsumsi daging merupakan salah satu cara yang baik dalam menambah massa otot. Hal ini sebagaimana diketahui dengan semakin bertambahnya usia akan berpengaruh terhadap semakin berkurangnya massa otot atau yang dikenal dengan sebutan sarcopenia.

Pada saat massa otot mulai menyusut maka beberapa fungsi normal tubuh akan menurun sehingga stamina menjadi kian lemah. Sebuah studi menunjukkan bahwa penyusutan massa otot akan lebih cenderung terjadi pada usia lansia namun bagi mereka yang memiliki massa otot yang lebih banyak akan lebih bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan yang memiliki sedikit massa otot.

Faktor kurangnya aktivitas gerak menjadi hal yang penting untuk dievaluasi. Rendahnya konsumsi protein hewani menjadi salah satu hal yang cukup berpengaruh terhadap menyusutnya massa otot. Mengkonsumsi daging babi yang kaya akan protein dapat menjadi salah satu solusi dalam menjaga kehilangan massa otot.

Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi daging babi dipercaya dapat meningkatkan stamina dalam beraktivitas. Hal ini didukung dengan kandungan asam – asam amino di dalam daging babi seperti: taurine, creatine, dan beta – alanine yang berguna dalam mengurangi  kelelahan dan meningkatkan stamina saat berolahraga.

Asam amino beta – alanine misalkan yang dapat menghasilkan carnosine yang sangat berguna dalam membantu fungsi dan perkembangan otot sehingga akan menurunkan kelelahan dan malah akan meningkatkan kemampuan fisik. Untuk kamu yang terkadang cepat lelah dalam beraktivitas, tidak ada salahnya mengkonsumsi daging babi bukan?

Diet Protein

Kelebihan lainnya yang bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi daging babi ialah anda bisa melakukan diet protein. Kandungan protein yang tinggi pada daging babi sangat baik dalam membentuk otot, bagi kamu yang saat ini sedang melakukan program diet. Namun perlu diperhatikan bahwa hanya disarankan untuk mengkonsumsi bagian daging babi rendah lemak.

Bagian tenderloin pada daging babi yang terkenal dengan bagian has dalam (fillet daging babi) rendah lemak dan non karbohidrat sehingga sangat baik bagi kamu yang saat ini sedang melaksanakan program diet. Tetapi dalam menjalankan program diet ini tidak boleh disertakan dengan garam dapur dan bumbu pada saat memasak daging babi.

Memberikan Rasa Enak

Selain sederet manfaat, daging babi juga memberikan rasa enak, gurih dan tentunya juicy yang baik untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Hal ini tidak terlepas dari kandungan lemak pada daging babi yang memberikan flavor yang gurih ketika masuk ke dalam mulut. Beberapa studi menunjukkan bahwa babi lokal (Indonesia) cenderung lebih enak dibandingkan dengan babi pedaging.

Bangsa babi lokal seperti babi Bali, Toraja, Nias, Sumba, Papua cenderung lebih gurih dikarenakan memiliki lipatan lemak atau yang lebih akrab dengan sebutan (marbling) yang lebih banyak dibandingkan dengan babi pedaging seperti babi Landrace, Duroc, Hampshire, Yorkshire, dan lain – lain. Hal ini menjawab mengapa lebih banyak babi guling menggunakan babi Bali dibandingkan dengan babi pedaging.

Selain jenis babi, rasa enak pada daging babi juga dapat ditentukan dari umur ternak babi, dimana semakin muda ternak babi maka daging yang dihasilkan cenderung lebih empuk dan gurih dibandingkan dengan usia babi yang sudah tua yang cenderung keras dan alot. Selain itu, pakan yang baik dan tinggi protein tentunya akan menghasilkan daging babi dengan protein dan massa otot yang juga berkualitas.

Itulah ulasan singkat babinesia mengenai alasan mengapa kamu harus mengkonsumsi daging babi yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

DAFTAR PUSTAKA

Saraswati, Rieke. 2020. Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dengan Pengolahan yang Benar. Diakses dari: 
https://www.sehatq.com/artikel/dapatkan-manfaat-daging-babi-dengan-pengolahan-yang-benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *