Daging babi anda terlalu banyak lemak? Ternyata ada trik menghilangkannya loh!

Daging babi terkenal karena keempukan dagingnya dan lebih juicy dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Namun disamping rasanya yang enak tersebut, pada kenyataannya daging babi memiliki lapisan lemak yang cukup banyak sehingga beberapa orang takut untuk mengkonsumsinya karena resiko diabetes dan kolesterol.

Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi sahabat. Pasalnya lemak pada daging babi ternyata dapat diatasi loh! Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lapisan lemak pada daging babi.

Bersihkan Lemaknya

Cara paling sederhana untuk menghilangkan lemak pada daging babi ialah membersihkan lapisan lemak pada dagingnya. Lemak pada daging babi sendiri ada yang terdapat pada permukaan dan ada juga yang berada pada bagian tengah lapisan daging babi. Anda bisa menggunakan pisau untuk membersihkannya.

Meat Butcher'S - Free photo on Pixabay

sumber: pixabay.com

Namun yang penting untuk diingat bahwa hilangkan lemak pada permukaan daging babi yang berwarna putih saja. Menghilangkan lemak pada bagian tengah daging babi serta yang berbentuk serat putih pada daging akan membuat daging anda berkurang menjadi sangat kecil.

Selain itu, lapisan lemak pada bagian tengah dan serat daging babi akan meleleh pada saat dipanggang sehingga memberikan rasa enak (juicy) pada saat daging babi dikonsumsi.

Bekukan Daging Babi

Cara selanjutnya yang bisa anda dilakukan untuk menghilangkan daging babi ialah dengan membekukan daging babi. Hal ini membuat anda bisa dengan mudah untuk membedakan mana bagian daging babi yang berlemak dan mana yang tidak. Kondisi  ini memudahkan anda untuk menghilangkan bagian daging babi yang memiliki banyak lapisan lemak.

Frozen Pork Collar - Crown Fresh

sumber: crownfresh.com.sg

Potong Daging Babi Berbentuk Dadu atau Tipis

Menghilangkan lapisan lemak pada daging babi dapat juga dilakukan dengan cara memotong bagian daging babi berbentuk dadu ataupun tipis. Hal ini membuat anda lebih mudah dalam memisahkan bagian daging babi yang memiliki banyak lapisan lemak maupun tidak. Hal ini juga sangat baik untuk mengolah daging babi sehingga bisa lebih tahan lama.

Buying pork makes more pork for the hungry in South Dakota | News ...

sumber: kelo.com

Rempah – Rempah

Rempah – rempah secara uji klinis mengandung banyak antioksidan yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol yang terdapat pada daging babi. Kamu bisa menambahkan berbagai macam jenis rempah, lalu membalurkannya pada daging babi yang hendak akan kamu konsumsi seperti jenis bawang, jahe, kunyit, dan lain – lain.

Spices Spice Seeds Krupnyj - Free photo on Pixabay

sumber: pixabay.com

Masak Daging Babi dengan Cara Dikukus, Direbus atau Dipanggang

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak pada daging babi ialah dengan memperbaharui metode memasak jika selama ini anda mengkonsumsi daging babi hanya dengan memasak dengan cara menggoreng. Utamakan untuk memasak daging babi dengan cara memasak dikukus, direbus, maupun dipanggang.

Mengukus daging babi akan menyebabkan lapisan lemak menjadi cair dan meleleh walaupun rasa dagingnya akan sedikit lebih hambar. Kamu bisa menambahkan beberapa varian rempah untuk memperkaya cita rasa. Merebus daging babi akan menyebabkan lapisan lemak terapung karena sifat air yang tidak bisa menyatu dengan air. Anda tinggal menghilangkan lemak yang muncul di permukaan.

Meat Pork Cooking - Free photo on Pixabay

sumber: pixabay.com

Teknik memasak lainnya yang dapat anda gunakan walaupun tidak sebaik mengukus maupun merebus ialah dengan cara memanggang daging babi. Lemak daging babi yang dipanggang akan menetes turun ketika suhu panas, sehingga dapat menghilangkan lapisan lemak yang selama ini anda takutkan sebelum mengkonsumsinya.

Itulah tips dan trik yang bisa anda gunakan yang selama ini phobia dengan daging babi karena masalah kesehatan diabetes maupun kolesterol. Selamat mencoba dan semoga berhasil.    

 

DAFTAR PUSTAKA

Dini. 2013. Tips Menghilangkan Lemak Daging. Diakses dari: https://lifestyle.
kompas.com/read/2013/03/13/08340932/Trik.Menghilangkan.Lemak.Daging.
Swari, Risky Candra. 2017. Kukus, Rebus, Panggang: Mana Cara Memasak yang Paling Sehat?. 
Diakses dari: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/cara-memasak-pengaruh-nutrisi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *