Bingung membedakan daging babi dan daging celeng? begini caranya

Sekilas daging babi sebagai sumber protein hewani menjadi komoditi mahal dan lezat sehingga tidak jarang ditemukan perdebatan antara para penjual maupun pembeli mengenai kualitas daging babi maupun daging celeng. Daging babi yang umumnya dikenal di pasaran berasal dari hasil peternakan babi sedangkan daging celeng berasal dari berburu babi hutan.

Kedua jenis daging tersebut sama baiknya, terlepas keinginan konsumen ingin mengkonsumsi jenis daging yang mana. Namun, beberapa orang hanya suka mengkonsumsi daging babi, lainnya suka mengkonsumsi daging celeng. Berikut ini adalah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk membedakan daging babi dan daging celeng.

Warna

Daging babi pada umumnya memiliki warna merah muda sampai kemerahan yang kadang kelihatan lebih pucat. Sedangkan daging celeng berwarna merah muda.

Serat

Daging babi memiliki permukaan yang lebih halus yang terlihat samar, ketika diraba seratnya cenderung lebih kenyal dan lembek. Sedangkan daging celeng permukaannya lebih kasar dan permukaan yang jelas namun pada saat diraba lebih keras.

Lapisan Lemak

Daging babi yang umumnya dijual di pasaran berasal dari bangsa pedaging yang diternakkan dengan tujuan untuk menghasilkan daging babi untuk skala komersial sehingga diperoleh daging babi dengan tebal lemak yang lebih tipis.

Berbeda dengan daging celeng yang diperoleh dari hasil perburuan dan termasuk dalam tipe babi bangsa berlemak. Hal ini menyebabkan flavor dari daging celeng lebih juicy untuk disantap.

Aroma

Daging babi yang umumnya dijual di pasaran memiliki aroma khas daging babi seperti biasanya. Sedangkan untuk daging celeng memiliki aroma yang lebih kuat dan lebih menyengat.

Harga

Umumnya harga yang dipatok untuk daging babi yang umumnya dijual di pasaran dihitung berdasarkan biaya produksi, pemeliharaan sampai biaya distribusi sehingga harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan daging celeng yang memiliki harga yang jauh lebih murah karena diperoleh dengan cara berburu yang biayanya ditentukan oleh usaha yang dilakukan oleh pemburu dan biaya distribusi.

 

Itulah ulasan singkat babinesia, tentang  cara membedakan daging babi dan daging celeng. Terlepas dari kualitasnya, jika kamu menyukai daging babi dengan sedikit lemak bisa mengkonsumsi daging babi yang umum di pasaran, tetapi bila ingin mendapatkan rasa yang lebih juicy bisa mencoba merasakan daging celeng. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 

 

DAFTAR PUSTAKA

Thomas. 2020. 6  Cara Ampuh Membedakan Daging Sapi, Babi dan Celeng. Diakses dari: 
https://www.liputan6.com/bola/read/4273868/6-cara-ampuh-membedakan-daging-sapi-babi-dan-celeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *