Babi muntah dan bercampur dengan lendir

Mau tau mengapa babi bisa muntah dan bercampur dengan lendir. Pada artikel ini, babinesia akan berbagi untuk kamu sahabat babinesia, untuk pembahasan lebih jauh silakan baca artikel ini sampai selesai yah.

Babi muntah menjadi salah satu gejala penyakit yang bersifat umum yang dapat kamu temukan di sekitaran kandang kamu. Namun, perihal ini tidaklah terlalu mendesak sehingga bila mencoba mengakses beberapa website Indonesia akan sangat jarang ditemukan artikel yang membahas tentang penyakit babi yang bersifat non infeksius.

Boro – boro mau bahas penyakit non infeksius, yang membahas tentang dunia peternakan babi saja masih banyak dilatarbelakangi background masyarakat awam lalu para pakar peternakan seakan tiada tahu kemana ditelan bumi. Hal ini salah satu yang meyakinkan kami segera membuat website ini untuk kamu sahabat babinesia.

Penyebab muntah dapat diduga mengalami kelainan pada saluran pencernaan, namun sangat jauh berbeda dengan kejadian yang terjadi akibat diare pada ternak babi yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Bila kejadian diare dapat ditemukan pada beragam tempat seperti dinding kandang, lantai kandang, tubuh ternak babi, dan warna yang bervariasi. Sedangkan muntah pada babi umumnya hanya ditemukan pada lantai kandang dan muntahnya tidak jauh – jauh dari pakan yang dikonsumsi oleh si babi.

Penyebab terjadinya muntah dapat diperantarai oleh ternak babi yang mengkonsumsi rambut dari ternak babi lainnya atau sesuatu hal yang tidak bisa dicerna di dalam lambung sehingga dimuntahkan kembali. Penyebab lainnya yang dapat dikelirukan ialah terjadinya gastric ulcer pada lambung yang dapat disebabkan pakan yang jamuran, dan flora normal di lambung yang tidak seimbang.

Walaupun kadang kejadian muntah dapat dipicu oleh karena terjadinya penyakit infeksius seperti Hemagglutinating encephalomyelitis (HEV), Porcine epidemic diarrhea (PED), Transmissible gastroenteritis (TGE). Tetapi perlu didukung dengan gejala klinis yang lebih khas beserta dengan diagnose penunjang yang bersifat akurat. Namun bila babi dalam keadaan sehat saja maka penyebab terjadinya muntah dapat langsung didiagnosa penyakit noninfeksius

Pemberian pakan dengan melaksanakan formulasi pakan yang tinggi serat menjadi pilihan utama untuk ternak babi yang mengalami muntah. Pisahkan ternak babi yang muntah dan tidak untuk lebih mudah dalam mengevaluasi treatment. Selalu pastikan pakan yang diberikan bebas dari kontaminasi baik jamuran maupun bakteri untuk mencegah terjadinya muntah.   

#Masalah babi ingat babinesia

Itulah ulasan singkat babinesia tentang babi muntah dan bercampur dengan lendir. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sahabat babinesia.

DAFTAR PUSTAKA

Swine. 2019. A few of my pigs have vomited within the past few days, what could be causing this?. Diakses dari: https://swine.extension.org/a-few-of-my-pigs-have-vomited-within-the-past-few-days-what-could-be-causing-this/
Towers L. 2016. What’s Wrong With My Pigs? - Vomiting. Diakses dari: https://www.thepigsite.com/articles/whats-wrong-with-my-pigs-vomiting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *