Ampas tahu untuk pakan babi

Mau tau cara mengolah ampas tahu untuk pakan babi? Berikut ini babinesia bagikan informasinya buat kamu yah sahabat. Simak penjelasan berikut ini yah.

Ampas tahu adalah limbah dari proses pembuatan tahu yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi namun memiliki kandungan gizi yang baik untuk diberikan sebagai pakan ternak babi.

Berikut ini adalah nilai nutrisi dari ampas tahu :

Nutrisi (%)

 

Ampas Tahu

BasahKering
Bahan Kering14,6988,35
Protein Kasar2,9123,39
Serat Kasar3,7619,44
Lemak Kasar1,399,96
Abu0,584,58
BETN6,0530,48

sumber: Suprapti, 2015

Pemanfaatan ampas tahu dalam komposisi bahan pakan ternak babi perlu untuk dipertimbangkan mengingat kandungan air yang sangat tinggi serta mengandung asam fitat yang membatasi penggunaannya untuk ternak babi. Penelitian yang dilakukan oleh Budaarsa et al., (2015) memanfaatkan ampas tahu dalam mengurangi penggunaan bahan komersial untuk pakan babi menyarankan sebaiknya penggunaannya tidak lebih dari 10%, karena secara ekonomi bilamana harganya telah menyentuh kisaran Rp 1.000/kg ampas tahu basah tidak terlalu menguntungkan tetapi dapat menjadi solusi untuk limbah industry tahu.

Penelitian lainnya oleh Puger et al., (2015) yang ikut mendukung ialah dalam komposisi 10% ampas tahu pada formulasi pakan ternak babi dapat meningkatkan kecernaan bahan kering dan dapat meningkatkan kecernaan nutrient. Sementara itu, penelitian Ly dan Kallau (2014) dalam formulasi  bahan pakan basal untuk ternak babi menggunakan ampas tahu dengan komposisi 11% pada babi local fase starter dengan penambahan ragi Saccharomyces cerevisae dapat meningkatkan kualitas bahan pakan local.

Itulah ulasan singkat babinesia tentang ampas tahu untuk pakan babi. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sahabat babinesia.

DAFTAR PUSTAKA

Budaarsa K, Stradivari GE, Jaya IPGASK, Mahardika IG. 2015. Pemanfaatan Ampas Tahu untuk Mengganti Sebagian Ransum Komersial Ternak Babi. Denpasar: Universitas Udayana.
Puger AW, Suasta IM, Astawa PA, Budaarsa K. 2015. Pengaruh Penggantian Ransum Komersial dengan Ampas Tahu Terhadap Kecernaan Pakan Pada Babi Ras. Majalah Ilmiah Peternakan Vol. 18(1): 22 – 25.
Ly J dan Kallau NHG. 2014. Pengaruh Suplementasi Saccharomyces cerevisae Sebagai Probiotik Dalam Ransum Berbasis Pakan Lokal Terhadap Performans dan Kecernaan Nutrisi Pada Babi Lokal Fase Starter. Jurnal Kajian Veteriner Vol. 2(2): 111-118.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *