4 Jenis pakan babi di Indonesia  

Mau tau tentang jenis pakan babi di Indonesia. Pada kesempatan kali ini babinesia akan sedikit berbagi tentang informasinya untuk kamu sahabat babinesia. Simak penjelasannya berikut ini.

Pakan menjadi persoalan yang selalu menghantui  peternak karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan biaya penjualan ternak babi. Babi minimal makan dua kali  sehari baik pada pagi hari maupun sore hari namun untuk studi kasus di farm besar dapat ditemukan ternak babi yang telah disiapkan tempat makan khusus (ad libitium) sehingga babi diberikan porsi semaunya. Bila tanpa perhitungan yang baik maka sebuah usaha peternakan tinggal nama semata.

Solusi yang selalu diimpikan oleh peternak babi ialah dengan meramu formulasi pakan sendiri, namun formulasi apa yang akan dibuat dan apakah formulasi tersebut mampu menjawab kebutuhan pakan ternak babi? Nah, sebelum melakukan formulasi pakan, alangkah lebih baiknya kamu mengenali terlebih dahulu jenis pakan yang tersedia di pasaran.

Pada artikel berikut ini, babinesia akan menjelaskan kepada kamu setidaknya ada 4 jenis pakan babi yang tersedia di Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya:  

Pakan tradisional

Pakan tradisional sesuai dengan namanya merupakan jenis pakan yang diperoleh yang kemudiaan diproses maupun tanpa proses diberikan kepada ternak babi. Perlu untuk diketahui bahwa ada begitu banyak potensi sumber daya alam Indonesia yang berpotensi sebagai bahan pakan ternak babi namun karena begitu banyaknya sehingga sulit untuk dikelola sebagai bahan pakan ternak.

Mengapa kami mengatakan demikian? Melihat potensi alam kita yang beragam diversifikasi sehingga kelimpahan bahan pakan tidak akan mampu memenuhi kebutuhan produksi bahan pakan ternak, alhasil kebanyakan pengusaha ternak babi dan pengusaha pakan melakukan proses impor bahan baku pakan ternak babi.

Selain factor ketersediaan dalam jumlah banyak dan berkelanjutan, bahan pakan ternak babi biasanya bersaing dengan kebutuhan manusia dan terkendala dengan nilai nutrisi. Beberapa bahan pakan tradisional yang tersedia di alam diantaranya ialah: daun ketela rambat, batang pisang, kangkung, limbah pasar, daun eceng gondok, dan lain – lain.

Pakan butiran

Pakan butiran adalah jenis pakan ternak babi yang diberikan dalam bentuk butiran dan bentuk tepung. Tepung jagung, dedak padi, polard dan bekatul merupakan pakan butiran yang paling banyak ditemukan di pasaran. Pakan butiran pada umumnya diberikan pada ternak babi untuk memenuhi kebutuhan energy pada ternak babi untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi pakan tradisional dan masih sangat banyak dipraktekkan oleh peternak babi tradisional.

Pemberian pakan butiran oleh peternak babi kadang dimasak terlebih dahulu bersama dengan pakan tradisional, namun beberapa peternak juga dapat memberikannya secara langsung kepada ternak babi yang sedang dipelihara. Walaupun tersedia dalam bentuk butiran, peternak babi perlu mengetahui bahwa kadang banyak ada pemalsuan bahan pakan ternak sehingga kamu perlu sangat berhati – hati untuk memilih bahan pakan ternak babi.  

Pakan konsentrat

Pakan konsentrat ternak babi hampir sama dengan pakan butiran namun pakan konsentrat pada umumnya dikhususkan untuk bahan pakan yang tinggi protein untuk memenuhi kebutuhan ternak babi yang tidak dapat dipenuhi hanya dengan pemberian pakan butiran apalagi hanya dengan pakan tradisional.

Pakan konsentrat dapat dibeli dari perusahaan pabrik pakan maupun meramunya sendiri bila tersedia potensi yang melimpah. Beberapa bahan pakan konsetrat yang dominan sebagai bahan pakan konsentrat ialah: tepung ikan, tepung daging dan tulang, tepung kedelai dan tepung maggot yang sedang naik daun sebagai sumber protein.

Pakan komplit

Terakhir ialah pakan komplit (pakan lengkap) adalah jenis pakan ternak babi yang tersedia lengkap secara nutrisi dan tinggal diberikan pada ternak babi yang sedang dipelihara. Bentuk pakan komplit umumnya tersedia dalam bentuk pellet namun dapat juga ditemui dalam bentuk butiran untuk anak babi starter.

Walaupun bisa untuk melakukan formulasi pakan komplit namun cukup sulit untuk memastikan tentang ketersediaan dan keberlanjutan dalam meramu pakan komplit. Butuh biaya dan tenaga kerja yang lebih banyak sehingga cukup sulit untuk melakukannya. Oleh karena itu, pada umumnya pakan komplit hanya diperoleh dari pabrik pakan di pasaran.

Pabrik pakan ternak babi di Indonesia telah tumbuh dan menjamur di beberapa tempat di Indonesia namun kami merangkum beberapa beberapa pabrik pakan ternak babi yang telah  lama beredar di pasaran peternak babi Indonesia dan memiliki nama, kualitas, serta dana yang terjamin seperti: PT Pokhpand, PT Cargill, PT Malindo, dan PT Sierad yang baru saja berganti menjadi PT Sreeya Sewu.

#Masalah babi ingat babinesia.

Itulah ulasan singkat babinesia tentang jenis pakan babi di Indonesia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat yah sahabat babinesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *